Saturday 24 May 2014

Mengapa Allah Menciptakan Kantuk?



PERNAHKAH Anda mengantuk? Saat sedang bekerja di kantor tiba-tiba anda menguap lalu mata anda tiba-tiba melemah dan terkantuk-kantuk. Hampir semua orang merasakan hal tersebut saat mengantuk.
Lalu, kenapa seseorang bisa mengantuk?
Berikut adalah beberapa penyebab orang mengantuk diantaranya yaitu :
  1. Adanya Gangguan Tidur. Gangguan tidur dalam hal ini dapat kita contohkan dengan insomnia atau beberapa macam gangguan tidur yang lain. Dengan adanya gangguan tersebut maka kualitas dan kwantitas tidur pun akan berkurang dan akan menyebabkan kita seringkali mengantuk.
  2. Tidur Yang Kurang. Maksudnya adalah seperti yang telah diterangkan di atas bahwasannya bila tidak terpenuhi kebutuhan tidur yang baik maka hal ini tentunya akan menyebabkan orang mengantuk.
  3. Penyakit Diabetes Melitus (DM). Penyakit diabetes melitus ini dikenal dengan Tiga gejalanya yang khas yaitu poliuria (banyak kencing), polidipsi, poliphagia (banyak makan) dan seringkali gejalanya adanya terbangun malam hari karena ingin kencing. Maka hal ini bisa menyebabkan orang akan mengantuk di keesokan harinya.
  4. Kurang Darah (Anemia). Bila kita menderita anemia maka akan menyebabkan oksigen yang dibawa darah ke otak akan berkurang. Dengan berkurangnya pasokan oksigen ke otak maka salah satunya akan menyebabkan orang mengantuk.
Nah, adakah hikmahnya Allah menciptakan rasa ngantuk?
Yang pasti, bahwa mengantuk adalah anugrah. Mengantuk adalah kasih sayang Allah kepada umatnya.
Bayangkan jika Allah tidak menciptakan rasa kantuk. Mungkin supir truk yang sedang membawa muatan dengan kecepatan tinggi akan tidur seketika jika “ngantuk” tidak Allah Ciptakan

Sumber :islampos
 

0 comments:

Post a Comment